Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Blog dan Wordpress

blogger dan wordpress adalah platform blog untuk membuat artikel dan juga lainnya bisa juga untuk dijadikan tempat jual online di internet yang sekarang banyak penggunanya.

Kelebihan Blogspot

Blogger atau Blogspot sendiri adalah salah satu produk atau anak perusahaannya mesin pencari raksasa Google. Jelas sekali kalau Blogspot adalah anak emasnya Google. Jika isi blogspot sama berkualitasnya dengan isi blog WordPress, maka posisi Blogspot bisa berada di atas WordPress di hasil mesin pencari Google. Jadi kelebihan Blogspot dibanding WordPress, Blogspot lebih diprioritaskan oleh mesin pencari Google. Bahkan terkadang di halaman pertama Google ada 3-5 Blogspot yang isinya sama dan hanya berbeda alamat saja. Hal ini sulit terjadi jika menggunakan WordPress.

Kekurangan Blogspot

Sayangnya, mesin pencari online di bumi ini bukan hanya Google. Google yang terbesar saat ini, namun masih banyak mesin pencari yang lain. Sebut saja mesin pencari Bing atau Yahoo, Yandex dari Rusia, Baidu dari Tiongkok, DuckDuckGo, dsb. Blogspot yang belum menggunakan domain sendiri (custom domain), seperti iniblogsaya.com, maka kemungkinan akan sulit bersaing di mesin pencari lain seperti di Bing, Yandex, Baidu, dsb.

Kelebihan WordPress

Secara pribadi, lebih banyak kelebihan WordPress dibandingkan Blogspot dibandingkan kelebihan Blogspot dibanding WordPress. Keunggulan WordPress dibanding Blogspot dari segi mesin pencari yakni WordPress mampu bersaing di mesin pencari mana saja, khusus pengguna WordPress.org. Saat WordPress sudah berhasil di halaman satu mesin pencari, maka blog WordPress akan mudah perlahan-lahan naik ke posisi pertama halaman pertama (ranking 1). Bahkan WordPress tidak sulit bertahan di halaman satu Google, Bing, Yandex, atau mesin pencari lainnya dalam waktu yang cukup lama. Tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Lihat syarat dan ketentuannya di Saat Kekuatan SEO WordPress Mudah Mengalahkan Blogspot atau Blogger.

Kekurangan WordPress

Kekurangan blog WordPress dibandingkan Blogspot yang paling menonjol yakni “sedikit” sulit bersaing di mesin pencari Google, khususnya pengguna WordPress.com. Coba saja periksa. Jelas walau isi blog sama-sama bagus dengan Blogspot, tentu Blogspot yang akan didahulukan oleh Google. Penyebab sulitnya WordPress bersaing di Google cukup banyak. Tidak sebanyak Blogspot.


Posting Komentar untuk "Perbedaan Blog dan Wordpress"